10 Fakta Tentang Bali Yang Jarang Terungkap

10 Fakta Tentang Bali Yang Tak Terucap

Bali memang sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Panoramanya yang indah, budayanya yang menggugah dan karakter penduduknya yang ramah adalah gambaran umum yang mewakili Bali. Di balik popularitasnya, mungkin ada banyak hal tentang Bali yang jarang terungkap, sehingga jarang diketahui oleh publik, termasuk oleh masyarakat Bali itu sendiri. Dan itu wajar. Berikut adalah 10 fakta tentang Bali yang jarang terungkap (gunakan tombol “sebelumnya” dan “selanjutnya” di bawah ini)

Sebelumnya1 of 11Selanjutnya

Gambaran Umum Tentang Bali

Kesenian Bali SakralBali membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur sepanjang kurang-lebih 153 kilometer dan dari Utara ke Selatan sepanjang kurang-lebih 112 km. Menurut data dari BPS Bali per 2012, pulau yang memiliki luas wilayah 5,780.06 kilometer persegi ini dihuni oleh 4.22 juta jiwa, dengan kepadatan rata-rata 730 jiwa per satu kilometer persegi.

Dari total 4.22 juta penduduk, 89% suku Bali, 7% suku Jawa, 1% disebut Bali Aga, dan 1% suku Madura. Dan ada sekitar 30 ribu orang warga negara asing (WNA) yang menetap di Bali hingga akhir 2012. Dalam hal agama/kepercayaan yang dianut, 92.29% penduduk Bali adalah penganut Hindu, 5.69% Muslim, 1.38% Katolik dan Kristen, serta 0.64% penganut Budha.

Ada 3 macam bahasa yang digunakan di Bali. Penggunaan Bahasa Bali lebih banyak mendominasi di wilayah-wilayah pedesaan dan pinggiran. Di perkotaan (seperti Denpasar) dan daerah wisata (seperti Kuta, Seminyak, dan Nusa Dua) penduduknya lebih banyak menggunakan Bahasa Indonessia. Bahasa asing yang banyak digunakan, terutama di kawasan wisata, adalah Bahasa Inggris, disusul dengan Jepang, Perancis, Spanyol dan Italia.

Mata pencaharian penduduk Bali saat ini mayoritas berhubungan dengan sektor pariwisata, dagang, pertanian/perkebunan, pengerajin, pekerja seni dan pegawai pemerintah. Bali juga dikenal sebagai pulau dimana penduduknya sangat kuat memegang adat/tradisi, seni dan budaya.

Itulah gambaran umum tentang Bali yang lumrah diketahui. Adakah hal lain yang belum banyak diketahui? Jawabannya: Banyak. Namun POPBALI memilih 10 hal saja.

Sebelumnya1 of 11Selanjutnya

Written by Gusti Putra

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

3 Comments

Leave a Reply
  1. Popbali, kayaknya ada yang kurang. Saya sangat penasaran dengan hal mulai kapan dan oleh siapa sistem penamaan di Bali mulai digunakan? Menurut saya, ini akan menjadi content yang sangat menarik.

    • sy pernah membaca sebuah postingan tentang seorang pertapa ,rsi india di jawa di gunung raung mendapat pawisik agar beliau ke Bali
      beliau datang ke BALI,, dengan mmbawa rakyatnya di daerah gunung itu untuk merambah hutan , melakukan ke giatan semacam upacara ,menanam pancadatu sehingga berjalan baik tanpa gangguan mahluk2 jahat..dlm perjalanan
      ke Bali itu dibawa serta bibit,biji2an untuk di tanam setelah merambah hutan di Bali
      lahan yg di rambah tsb di bagi2kan ke rakyat tsb untuk di tananmi…demikian kira2….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *