Suhu politik Bali jelang Pilkada mulai memanas, sebuah baliho bergambar pasangan Puspayoga dan Sukrawan, berlokasi di Jalan Drupadi, Renon, Denpasar, dibakar orang tak dikenal.

Insiden dibakarnya baliho pasangan paket ‘PAS’ tersebut terjadi Minggu malam (17/2) sekitar pukul 19.30 WITA. Menurut keterangan warga, kejadiannya berlangsung cepat, mereka sempat melihat kobaran api namun tak berani keluar.

Anak Agung Ngurah Puspayoga dan I Dewa Nyoman Sukrawan adalah salahsatu paket Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Pilkada Bali 2013, dikenal dengan nama paket ‘PAS’, dengan pengusung utama PDI Perjuangan (PDIP)

Anggota pemenangan Tim Advokasi PDIP Bali untuk paket tersebut, Nyoman Sudiantara, Senin (18/2/2013), mengaku telah menerima laporan atas kejadian tersebut:

“Iya kami sudah terima laporan, ada baliho bergambar pasangan cagub cawagub PDI Perjuangan dibakar.”

Atas kejadian itu, ia meminta seluruh kader dan simpatisan partai tidak terpancing atau terprovokasi. Sementara itu, tim advokat masih mengkaji dan menganalisa. Jika nantinya ditemukan bukti awal yang cukup dari aspek yuridis dan hukum, pihaknya akan melakukan upaya hukum.

Meski menyesalkan insiden tersebut, Ia dan timnya memilih tetap berhati-hati dalam menyikapi kejadian tersebut dengan tetap berpijak pada koridor hukum. Sudiantara beralasan:

“Biar kami tidak rugi, karena dikatakan negara hukum, tetapi kita kemudian tidak patuh pada hukumnya.”

Motif di balik terbakarnya baliho bergambar Puspayoga-Sukrawan itu, hinggi kini, belum diketahui secara pasti. (Via: Okezone)