Elektabilitas Rochineng Rendah di Buleleng, Golkar Lirik Paket Surya


Elektabilitas Rochineng Rendah

Awalnya Partai Golkar berencana mengusung Ketut Rochineng (Kepala BKD Provinsi Bali) dan Gede Ariadi (kader Golkar) untuk maju pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng 2017. Namun survey pertama yang digelar partai berlambang pohon beringin itu menunjukkan elektabilitas yang rendah bagi Rochineng dan Ariadi.

Hasil survei itulah yang membuat Partai Golkar melirik Dewa Sukrawan dan Gede Dharma Wijaya (Surya) untuk diikutsertakan dalam survey kedua.

“Elektabilitasnya (Rochineng-Ariadi, red) kecil, makanya sekarang ada survei lagi,” ujar seorang sumber di Partai Golkar, Senin (25/7,) di sela-sela acara syukuran atas pelantikan Ketua DPD Golkar Buleleng.

Bagaimanapun juga, kata sumber itu, Partai Golkar sampai saat ini masih pada rencana semula, yakni mengusung Rochineng yang dijagokan Partai Demokrat dan Gede Ariadi kadernya sendiri. Partai Beringin juga masih berupaya untuk mewujudkan Koalisi Buleleng Mandara (KBM) sesegra mungkin, mengingat Pilkada Buleleng sudah semakin dekat.

Rendahnya elektabilitas pasangan Rochineng-Ariadi membuat Partai Golkar harus melakukan survey putaran kedua. Survey yang saat ini sedang berjalan, akan menjadi pembuktian apakah Rochineng-Ariadi masih layak untuk diusung oleh Partai Golkar atau tidak.

“Kalau nanti hasil surveinya masih di bawah, kemungkinan Golkar ambil sikap lain sesuai hasil survei,” imbuh sumber itu.

Disamping mengikutsertakan Dewa Sukrawan-Dharma Wijaya, dalam survey kedua ini Partai Golkar juga mengikutkan pasangan incumbent Putu Agus Suradnyana dan Nyoman Sutjidra yang terlebih dahulu diusung oleh Partai Nasdem.

Saat dikonfirmasi mengenai kemungkinan melirik kandidat selain Rochineng-Ariadi, Ketua DPD Golkar Bali Ketut Sudikerta tidak menampik.

“Memang elaktibilitas pak Rochineng masih kecil, di bawah 11 persen. Kita masih tunggu hasil survei kedua ini, mudah-mudahan lagi seminggu sudah ada hasil, sekarang sedang berjalan,” terangnya.

Wakil Gubernur Bali itu juga menjelaskan, survei dilakukan untuk memastikan calon kandidat yang akan diusung oleh Golkar.

Mengenai Gede Ariadi yang sempat mengantongi rekomendasi, Sudikerta mengatakan itu tak masalah. Katanya Golkar tetap mengacu pada hasil survei dalam menentukan calon yang diusung.

“Sudah pasti itu, pedoman kita hasil survei, kalau memang tidak penuhi, kita akan tinjau ulang rekomendasi itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Buleleng Putu Sinyen yang baru saja dilantik menyatakan, belum bisa memastikan siapa calon kandidat yang diusung, sebelum ada hasil survei keluar. Politisi Golkar Buleleng asal Patemon, Seririt, ini mengaku, memilih untuk fokus pada pembentukan koalisi (Buleleng Mandara) terlebih dahulu.

“Kita akan jemput bola, ini kan sudah dekat. Saya ingin mekanisme ini yang harus kita tuntaskan dulu. Setelah koalisi terbentuk, baru kita bahas calon kandidatnya, di situ baru acuannya survei,” terangnya.

Secara terpisah, meskipun berencana untuk maju lewat jalur independent Dewa Sukrawan mengatakan tidak menutup pintu kemungkinan diusung oleh partai politik. Namun dirinya hanya bersedia bila berpasangan dengan Dharma Wijaya.

“Silakan saja, tapi paket saya tetap dengan pak Dharma,” tegasnya.

Lain di lapangan lain pula fenomena di media sosial. Pada group-group Facebook beberapa hari ini mulai muncul kampanye medsos yang mengusung paket Ketut Rochineng – Nyoman Tirtawan (anggota DPRD Bali dari Partai Nasdem) yang diberi nama paket “Roh-Tirta.”

Menurut mereka yang sebagian besarnya adalah penggiat anti-korupsi di Buleleng, Roh-Tirta adalah paket yang diyakini sebagai calon pemimpin yang akan membawa Buleleng ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang. Setidaknya, bisa lebih bersih dari korupsi dan lebih peduli terhadap lingkungan hidup.

Your reaction?
omg omg
0
omg
haha haha
0
haha
grrr grrr
1
grrr
hiks hiks
1
hiks
wtf wtf
1
wtf
suka suka
0
suka
hmm hmm
0
hmm
ngeri ngeri
0
ngeri
huek huek
0
huek

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudkan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya.

Elektabilitas Rochineng Rendah di Buleleng, Golkar Lirik Paket Surya

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



OR



Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join PopBali Community
or

Back to
log in

Choose post type

List Poll Quiz