Desa Wisata di Bali Sudah Bagus Tapi Masih Perlu Ditingkatkan
Previous
RANDOM
Gubernur: Bali Terlindas Jika Destinasi Pariwisata Tak Diremajakan
Next
Lokal Bali

Foto: Gadis Bali Nanding Banten

by Gusti PutraFebruary 10, 2013

Judul Foto: Gadis Bali Nanding Banten

Foto Courtesy: Ni Komang Yanti

Keterangan Foto: ‘Nanding Banten’ atau menyusun sesajen adalah aktivitas yang lumrah dilakukan oleh kaum perempuan di Bali, termasuk para gadis. Mengingat begitu banyak ‘rerainan’ dan ‘odalan’  atau hari-hari berupacara yang ada di Bali, maka aktivitas nanding banten terjadi hampir setiap Minggu, dalam berbagai jumlah dan ukuran. Dalam foto yang dipublikasikan oleh Ni Komang Yanti ini adalah seorang model yang memperagakan kegiatan nanding banten. Pada kenyataannya sehari-hari, di Bali, kegiatan nanding banten tidak selalu dilakukan oleh seorang gadis (Bali), bahkan di era modern ini sudah lebih sering dilakukan oleh ibu-ibu. Banten yang nampak di dalam foto ini adalah jenis banten khas untuk ‘odalan’ di Pura-Pura yang disebut ‘pajegan’.

 

Share yang bermanfaat
Reaksi anda?
Bagus Banget!
0%
Keren!
0%
Wiih!
0%
Prihatin!
0%
Menjengkelkan!
0%
Membosankan!
0%
Lucu!
0%
Bingung!
0%
Gusti Putra
Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

Komentar via FB

Leave a Response

SINDIKASI & REPUBLIKASI: Hanya diijinkan bila (1) untuk non-profit (2) mencantumkan popbali.com sebagai sumber disertai link. Selain cara ini tidak diijinkan.