Harga Beras di Bali Naik, Menteri Puan: Jangan Banyak-Banyak Makan


Menteri Puan Maharani

Seiring semakin mahalnya harga beras di Bali, Gubernur Made Mangku Pastika minta agar alokasi beras untuk rumah tangga miskin (raskin) di Bali dinaikkan. Permintaan disampaikan langsung kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, di sela-sela acara peluncuran penyaluran program raskin/rastra tahun 2016, Bali, Selasa (26/01).

Menanggapi permintaan spontan tersebut Menteri Puan Maharani menerangkan, pemerintah belum memikirkan mengenai kemungkinan menaikkan alokasi raskin. Untuk sementara tetap 15 kilo saja.

“Jangan banyak-banyak makan lah, diet sedikit tidak apa-apa,” gurau Menteri Puan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), harga beras di Bali terus mengalami peningkatan selama satu tahun berakhir. Akibatnya, jumlah orang miskin di Pulau Bali meningkat dari 4,7 menjadi 5,2 persen. Hal ini membuat kebutuhan akan raskin juga meningkat.

Karena kondisi ini, meskipun pemerintah pusat tidak mau menaikkan jatah raskin, pemerintah provinsi Bali tetap berencana akan menaikkan jumlah pembagian raskin kepada keluarga yang berhak.

“Tadi saya sudah berkonsultasi dengan DPRD Bali dengan Bappeda Bali untuk menambah kuota raskin di Bali, karena dari data yang dikeluarkan oleh BPS Bali jumlah orang miskin naik dari sebelum yakni 4,7 persen menjadi 5,2 persen,” terang Gubernur Pastika.

Tingginya harga beras disamping disebabkan oleh inflasi juga disebabkan oleh adanya badai yang melanda sentra-sentra penghasil beras, sehingga produksi beras menurun.

Gubernur berharap agar raskin disalurkan secara tepat.

“Tepat penerima, tepat jumlah, tepat harga, tepat kualitas dan tepat harga,” imbuhnya.

Terkait pembagian raskin, Gubernur Pastika juga mengancam para kepala desa di Bali yang menyalahgunakan raskin, entah itu penyaluran kepada yang tidak berhak atau pembagian sama rata.

“Kalau saya tahu kepala desa menyalahgunakan raskin, saya akan melaporkan ke polisi,” Pungkasnya.

Senada dengan ungkapan Gubernur Pastika, Menteri Puan juga mengharapkan agar raskin tersalur dengan benar sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh pemerintah tanpa adanya penyelewengan.

“Program ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberi perhatian terhadap penduduk miskin” terang nya.

Menteri Puan mengaku banyak menerima laporan mengenai penyaluran raskin yang diselewengkan.

“Kalau system bagi rata, saya juga dengar ada yang begitu. Bahkan ada juga yang sengaja ditahan kemudian baru dibagikan menjelang pemilihan kepala desa,” papar Mentri Puan.

Ke depan Menteri Puan berharap agar penyaluran raskin dilaksanakan dengan benar dan tanpa penyelewengan. Disamping itu Menteri Puan juga meminta kepada Bulog agar menjaga kualitas raskin yang disalurkan. Jangan sampai ada raskin yang berwarna kuning apalagi sampai berulat.

Your reaction?
omg omg
0
omg
haha haha
0
haha
grrr grrr
0
grrr
hiks hiks
0
hiks
wtf wtf
0
wtf
suka suka
0
suka
hmm hmm
0
hmm
ngeri ngeri
0
ngeri
huek huek
0
huek

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudkan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya.

Harga Beras di Bali Naik, Menteri Puan: Jangan Banyak-Banyak Makan

0

Comments 30

  1. Wah saran yang luar biasa canggih Bu Puan…u are such a genius menko we ever had…so proud of you.
    Btw makan dikurangi tapi clubing di banyakin boleh nggaaaa??? :p
    #cheers

  2. Kwalitas mentri era jokowi,menganggap remeh masalah. Tidak bisa menempatkan diri kapan becanda kapan serius. Masalah perut dianggap keciiil. Sungguh ironis ..

  3. Begitukah caranya seorang public figur bergurau?Minta jatah raskin ditambah,suruh makan jgn banyak2,pembakar ratusan ha hutan divonis bebas,katanya bisa ditanam lagi,hah heran aku!

  4. Wah gampang ya jadi menteri, besok2 ya kalau saya jadi menteri jika harga sandang naik rakyat tak suruh pakai kolor aja, yg cewek pakai rok mini atau bikini dan jika sewa kontrakan rumah nsik rakyat tak suruh di emper toko saja, yg pasti ini tdk akan terlaksana karena keburu saya dipevat, krn saya bukan anak orang penting

  5. EDAN nih orang…dan gak tau diri… !!!emang dy pikir dia digaji pake duit siapa ??? dari duit negara, duit negara dari mana??? dari Rakyat hasil Pajak…

  6. EDAN nih orang…dan gak tau diri… !!!emang dy pikir dia digaji pake duit siapa ??? dari duit negara, duit negara dari mana??? dari Rakyat hasil Pajak bego,,,

  7. Wah gampang ya jadi menteri, besok2 ya kalau saya jadi menteri jika harga sandang naik rakyat tak suruh pakai kolor aja, yg cewek pakai rok mini atau bikini dan jika sewa kontrakan rumah nsik rakyat tak suruh di emper toko saja, yg pasti ini tdk akan terlaksana karena keburu saya dipecat, krn saya bukan anak orang penting

  8. Ha….ha….ibu jga jgn byak2 mkan….gaji sebgai mentri berikan k rakyat yg ga bsa bli beras….ya biar bsa diet jga ya bu….ternyata bgini guyonan seorang mentri…..sguh kocak….keliatan bhwa niatmu tk jdi mentri bkn untk mensejahterakan rakyat tpi utk kekuasaan smata at mlah untk jdi pelawak……

  9. oh kampret…gurau tdk pd tmpatnya.penghinaan tuh.shrusnya yg cuman duduk manis d pemerintahan tu yg korupsi perut2 buncit suruh diet.ngaca dulu pikir pake otak jgn main canda.serius ma dagelan harus bisa bedakan

  10. Makasi bu puan atas sarannya, saya sih udah dikit2 makan nasi karena saya Diabet , kalo banyak2 gula darah saya naik, heheee jangan terlalu serius friend

  11. Wah,wah…Bu Puan ini memberi komentar yg sangat goblog……seharusnya memakai “Food Policy”…….. karena semenjak jaman kuno pun ketergantungan makan nasi ,terlalu tinggi, pd hal Indonesia kaya dgn sumber makanan yg bervariasi .bermutu tinggi dan nutrisi yg tak kalah kwalitasnya.

  12. Siip bu,,,sedikit makan, korupsi d perbanyak, klo rakyatnya lapar jdi gk kuat u demo demo, ide yg cerdas, dulu sekolah d mana ya bu,,,

  13. Masa gurau aja gak bole, intinya kineja pemerintah utk penysluran raskin udah patut diacungin jempol, gurauan jgn ditanggapi negatif mulu, biasa aja biar gak stress

  14. mbok yo inget kl ibuk itu mentri bukan pelawak nek ngomong yo sing relevan ae ojo guyonan, dadi rakyat cilik iku susah lo buk golek mangan. Ojo nyinggung sing dadikne mangkele wong cilik

  15. Mungkin otaknya bu puan lagi di dengkul.. gapernah ngerasain miskin kan bu ga prnah makan beras raskin kan ga pernah susah2 antri buat bisa makan beras makanya seenak udelnya becanda.
    Ahh sudahlah mungkin bu puan lelah

  16. Iya bener Bu Puan. Kita harus bisa menanamkan mental hemat. Jangan hanya mengeluh saja ke pemerintah. Syukuri apa yang ada dan pasti kita akan di cukupkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

  17. Achmad sholahuddin orang miskin itu ikhlas terima apa ada nya,,bisa makan ato ngga itu hal biasa,apalagi orang miskin bisa jd orang kaya suatu anugrah,tp apa bisa orang kaya ikhlas,ga bisa makan pasti ngeluh,jatuh miskin apalagi..ingat bos bukan msalah mengeluh ato tidak,tp ini ucapan seorang mentri yg ga seharus nya terlontar dr mulut nya,apalagi masalah perut bagis si miskin..miris !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



OR



Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join PopBali Community
or

Back to
log in

Choose post type

List Poll Quiz