Sebelah Selatan Bali Rawan Gempa Bumi Megathrust
Previous
RANDOM
Walhi Yakin Menangkan Gugatan Terhadap Gubernur Bali
Next
Khas Bali

Ini 2 Nama Jalan Tol Yang Diusulkan Kepada Presiden SBY

by Gusti PutraJuly 10, 2013

Jalan TOL di atas laut Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua sudah akan segera dioperasikan, namun sampai saat ini belum memiliki nama. Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengaku telah mengirimkan dua usulan nama kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal itu disampikan di sela-sela mengikuti upacara ritual Pemelaspasan (penyucian secara agama Hindu) di Gerbang Tol Ngurah Rai, pada Rabu (10/7/2013).

Kepada awak media yang hadir di lokasi, Gubernur Pastika mengungkapkan, ada 2 nama yang diusulkan oleh pihak Pemerintah Provinsi Bali.

“Dua nama itu adalah Tol Soekarno-Hatta dan Tol Bali Mandara,” katanya.

Diakui bahwa, dua nama itu diusulkan setelah melalui berbagai pertimbangan, dinilai tepat dan memiliki makna penting bagi masyarakat Bali khususnya.

Hanya saja, sambung Pastika, penamaan sebuah jalan idealnya bersifat netral dan umum dengan tujuan agar di kemudian hari tidak melahirkan kontroversi.

Pun demikian, Gubernur Pastika menyadari bahwa, kewenangan menentukan nama berada sepenuhnya ada pada SBY selaku Presiden Republik Indonesia, mengingat jalan tol ini merupakan jalan nasional.

Dengan demikian, Gubernur juga memahami bahwa sangat mungkin Presiden SBY memiliki dasar pertimbangan lain, sehingga memutuskan untuk menggunakan nama yang samasekali berbeda dari apa yang diusulkan pihaknya.

“Kalau kami sebagai masyarakat Bali hanya bisa berharap agar nantinya diperhatikan nama jalan tersebut harus ada nama Bali-nya karena menunjukkan lokasinya berada di Bali,” kilahnya.

Jika nama Jalan Soekarno-Hatta, masih menurut Gubernur, bisa saja berada di tempat lain. Sebaliknya, jika ada ada nama Bali di belakang jalan Tol itu maka dengan mudah orang akan mengetahui gampang mengingat bahwa jalan tersebut berlokasi di Bali.

Mengenai upacara pemelaspas yang digelar, kata mantan Kapolda Bali ini, dilakukan untuk memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan yang Maha Kuasa, agar diberi keselamatan.

“Kita juga memohon agar jalan tol yang akan dipakai masyarakat bisa lebih kokoh, kuat, mendatangkan keuntungan, dijauhkan dari malapetaka atau mara bahaya lainnya,” terangnya.

Disamping mengusulkan nama, Gubernur Pastika juga mengaku telah mengusulkan kepada Presiden SBY agar peresmian jalan tol dilaksanakan pada 14 Agustus ini. Tanggal itu diusulkan karena menurutnya memiliki nilai istimewa, yakni bertepatan dengan Buda Kliwon Pagerwesi—saat mana masyarakat Hindu di Bali melaksanakan upcara ‘otonan’ bagi peralatan berupa besi, dan bertepatan pula dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Bali.

Share yang bermanfaat
Reaksi anda
Bagus Banget!
0%
Keren!
0%
Wiih!
0%
Prihatin!
0%
Menjengkelkan!
0%
Membosankan!
0%
Lucu!
0%
Bingung!
0%
Gusti Putra
Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

Komentar via FB

2 Comments
Leave a response
  • ida bagus sutastawa
    July 18, 2013 at 4:06 am

    saya pikir pemerintah bali akan memikirkan sebuah nama yang tepat kepada nama jalan tol antara nusa dua- benoa.Saya pikir nama yang paling tepat untuk jalan tersebut adalah jalan tol IDA BAGUS NGURAH. Kenapa demikian?Semua orang sudah pada tahu siapa beliau itu.Beliau adalah KEPALA NEGARA KERAJAAN HINDIA BELANDA,beliau juga adalah pelopor perang puputan BADUNG.Dari sinilah api kemerdekaan Indonesia mulai berkobar. Tambahan lagi,dengan semangat puputan kita akan dapat membangun bali dan indonesia kedepan dengan lebih baik

  • Ayudarmayanti
    August 12, 2013 at 12:22 pm

    Saya lebih setuju Kalo jalan tersebut memakai Nama pahlawan Dari Bali
    Ida bagus Ngurah menurut saya lebih cocok ketimbang soekarno hatta ato Bali mandara
    Wujud trimakasih Kepada para pahlawan Bali

Leave a Response

SINDIKASI & REPUBLIKASI: Hanya diijinkan bila (1) untuk non-profit (2) mencantumkan popbali.com sebagai sumber disertai link. Selain cara ini tidak diijinkan.