Iron Man Dari Bali, Wapres JK: Yang Menemukan Facebook Siapa?


Tawan Iron Man Dari Bali

Dimintai komentar mengenai kemunculan I Wayan Sumardana alias Sutawan yang dijuluki sebagai “Iron Man Dari Bali,” Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku tidak terkejut. Menurutnya banyak teknologi canggih abad ini yang justru ditemukan oleh kalangan non-sarjana.

“Anda tiap hari pakai Facebook, siapa yang menemukan? Kan bukan sarjana, tapi mahasiswa. Yang bikin televisi di Jawa Tengah juga lulusan SD, tapi diakui oleh perindustrian,” ungkap JK di Kantornya, Jumat (22/1).

Penemuan, di bidang apapun, tidak melulu sarjana, bisa jadi oleh siapa saja dan dengan latarbelakang pendidikan apa saja. Lebih jauh, menurut Wapres JK, pendidikan tak melulu menjadi faktor penentu dalam penemuan-penemuan canggih. Ia bangga, ada orang Indonesia yang memiliki kemampuan membuat tangan robotic, seperti Tawan yang hanya lulus SMK.

I Wayan Sumardana (31) alias Sutawan menjadi buah bibir sejak beberapa hari belakangan ini. Tak hanya media nasional, Pria asal Banjar Tauman, Desa Nyuhtebel, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, ini bahkan diperbincangkan di media dan forum-forum asing lantaran membuat robot untuk menggantikan tangan kirinya yang lumpuh karena stroke pada pertengahan 2015.

“Awalnya kan karena tangan saya tidak bisa digerakkan, stroke. Terus saya berpikir bagaimana kerja kalau tangannya stroke? Makanya saya membuat rancangan tangan ini, banyak yang bilang tangan robot,” kata Tawan seperti dikutip oleh Tribun Bali, Rabu (20/1/2016).

Berbekal informasi dari internet dan pengetahuannya selama bersekolah di jurusan Elektro Sekolah Teknik Menengah (STM) Rekayasa Denpasar, Tawanpun mencoba merakit robot sederhana dari barang-barang bekas seperti besi, baut, mur, kabel, dan peralatan pendukung lainnya. Tangan robotik buatannya itu mulai ia pakai sejak sekitar 4 bulan lalu dan cukup membantu pekerjaanya sebagai tukang las.

Melihat pemandangan unik dimana Tawan menjalankan pekerjaan mengelas dengan bantuan tangan robotik, kawannya iseng mengambil foto Tawan dan mengunggahnya ke media sosial Facebook yang kemudian dibagikan secara luas oleh banyak pengguna. Satu per satu media mulai memberitakan hal ini. Sekarang tawan menjadi sangat terkenal dan menghiasi headlines media-media nasional. Pejabat dari tingkat kecamatan, Pemkab Karangasem hingga Pemprov Bali pun mulai berdatangan dan memberikan dukungan dan bantuan. Bahkan Kemenristek pun sudah berencana untuk mengirimkan tim ahlinya ke Karangasem, Bali, guna melihat langsung tangan robotik buatan Tawan.

Your reaction?
omg omg
0
omg
haha haha
0
haha
grrr grrr
0
grrr
hiks hiks
0
hiks
wtf wtf
0
wtf
suka suka
0
suka
hmm hmm
0
hmm
ngeri ngeri
0
ngeri
huek huek
0
huek

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudkan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya.

Iron Man Dari Bali, Wapres JK: Yang Menemukan Facebook Siapa?

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



OR



Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join PopBali Community
or

Back to
log in

Choose post type

List Poll Quiz