Ironis! Denpasar PAD nya Nomor 2 di Bali, Tapi Punya SD Seperti Kandang


SD 3 Padangsambian

Kota Denpasar menghasilankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nomor 2 terbesar dari 9 kabupaten dan kota seBali, tetapi siapa sangka ternyata masih punya sekolah dasar (SD) yang mirip kandang ternak. Untuk pendidikan agama, sekolah ini memanfaatkan ruang parkir.

Adalah SD 3 Padangsambian yang terletak di Desa Padangsambian Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, dengan kondisi yang sangat memperihatinkan. Plafonnya sudah pada jebol dan jatuh sendiri. Temboknya pun banyak yang sudah hancur. Sepintas lalu sekolah ini mirip seperti sekolah di tempat pengungsian.

Menurut Kepala Sekolah SD 3 Padangsambian Made Sugita, seperti di lansir oleh Radar Bali Jawa Post, pihaknya sudah mengusulkan perbaikan ruang kelas dan pembangunan gedung baru sejak 2014 silam. Namun tidak ada kejelasan sampai saat ini.

“Kami sudah pernah mengusulkan bahkan gambar sudah ada. Tapi, tidak ada perkembangan,” terang Kepsek Made Sugita.

Selain ruang kelas yang paling selatan, ruang kelas yang lain plafonnya juga sudah jebol dan jatuh sendiri. Pernah direhab, namun rusak lagi karena tidak cukup kuat.

Mengenai adanya kondisi SD 3 Padangsambian yang memperihatinkan ini, Ketua Komisi II DPRD Bali asal Denpasar Ketut Suwandhi membenarkan. Sekolah ini, lanjut Suwandhi, dari laporan orang tua siswa dan masyarakat Desa Padangsambian Klod juga menyampaikan kalau siswanya belajar di dalam ruangan yang mirip kandang ternak.

“Di sana ada eks tempat parkir kendaraan dijadikan ruang kelas untuk pendidikan agama. Kalau kita lihat ini sangat memprihatinkan,” ujanya.

Hal itu dilakukan akibat kekurangan ruang kelas dan usulan pembangunan gedung atau ruang kelas baru tidak ada kejelasan.

Sepengetahuan Suwandhi, SD 3 Padangsambian ini tergolong SD Impress, sekolah dasar yang dibangun pada era Orde Baru dengan menggunakan anggaran langsung dari pusat. Namun belakangan, setelah era Otonomi Daerah, semua sekolah negeri menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten dan kota untuk perawatan dan pembangunan gedung baru.

Tampaknya, menurut Suwandhi, pihak yang mestinya bertanggungjawab kurang perhatiannya terhadap dunia pendidikan, sehingga masih ada saja sekolah impres yang tidak mendapat anggaran perawatan dan pembangunan kembali.

Masih menurut Suwandhi, hampir di semua kecamatan di Denpasar kekurangan sekolah dan ada banyak lagi ruang kelas yang rusak mulai tembok, kusen pintu, daun jendela sampai pada plafon jebol seperti di SDN 3 Padangsambian ini.

Namun demikian, terang Suwandhi lebih lanjut, di bagian lain ada juga sekolah bagus yang memang menjadi perhatian para pejabat di Kota Denpasar sehingga mendapat respon cepat.

Sedangkang sekolah-sekolah yang ada di pinggiran Denpasar, katanya, jarang mendapat perhatian. Buktinya sudah lama mengajukan usulan dari SD 3 Padangsambian ini, tapi tetap saja tidak ada kejelasan bagaimana penanganannya.

Untuk kondisi Kota Denpasar dengan PAD nomor dua terbesar di Bali, menurut Suwandhi, mestinya masih cukup mampu untuk merehab ruang kelas atau membangun gedung baru di setiap tahun anggaran.

“Kalau di kabupaten anggarannya tidak ada, kan seharusnya bisa diusulkan ke provinsi maupun diperjuangkan ke pusat,” pungkas Suwandhi. (Source: Radar Bali/Jawa Post)

Your reaction?
omg omg
1
omg
haha haha
0
haha
grrr grrr
1
grrr
hiks hiks
0
hiks
wtf wtf
0
wtf
suka suka
0
suka
hmm hmm
0
hmm
ngeri ngeri
0
ngeri
huek huek
0
huek

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudkan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya.

Ironis! Denpasar PAD nya Nomor 2 di Bali, Tapi Punya SD Seperti Kandang

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



OR



Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join PopBali Community
or

Back to
log in

Choose post type

List Poll Quiz