Baliho Dirusak, Tim Sukses Pasti-Kerta Harapkan Pilkada Damai
Previous
RANDOM
Pengamat Sarankan Gubernur Bali Dan Wakilnya Untuk Cuti
Next
Lokal Bali

Ombudsman Bali Himbau Pelantikan Direksi PDAM Badung Ditunda

by Gusti PutraMarch 4, 2013

Ombudsman RI Perwakilan Bali menghimbau agar pelantikan direksi PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung ditunda. Himbauan itu didasari oleh adanya pengaduan yang masuk, mengenai sejumlah nama calon direksi lolos seleksi yang diduga pernah bermasalah terkait temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pengaduan yang diterima pihak Ombudsman Senin (4/3/2013) dari seseorang yang identitasnya dirahasiakan, menurut ketua Asisten Ombudsman RI Perwakilan Bali Ni Nyoman Sri Widhiyanti, juga disertai lampiran temuan BPK.

Temuan BPK tersebut adalah tentang kelebihan pembayaran biaya perjalanan dinas, pendidikan dan pelatihan, dan studi banding luar daerah sebesar Rp 183 juta lebih. Dan, atas rekomendasi dari BPK, akhirnya kelebihan biaya tersebut sudah dikembalikan termasuk oleh beberapa nama yang lolos dalam seleksi calon direksi PDAM Tirta Mangutama.

Atas pengaduan ini, langkah awal yang akan dilakukan oleh pihak Ombudsman adalah melakukan verifikasi laporan yang masuk yang dilanjutkan klarifikasi ke panitia seleksi. Sri Widhiyanti mengatakan:

“Setelah kami kaji, jika mengandung mal-administrasi tentu akan kami tindaklanjuti.”

Namun demikian, Ia menambahkan:

“Dari membaca sepintas laporan yang masuk, kami imbau agar pelantikan calon terpilih ditunda dulu sambil menunggu semuanya jelas.”

Bahkan, masih menurut Widhiyanti, bukan tidak mungkin pada hasil akhir setelah melakukan verifikasi dan klarifikasi, pihaknya mengeluarkan rekomendasi kepada atasan terlapor atau tim seleksi untuk mengulang seluruh proses seleksi tersebut.

Adapun nama-nama yang pernah tersangkut kasus temuan BPK adalah Made Subargayasa yang saat itu menjabat sebagai Direktur Bidang Umum dan Keuangan, dan IB Gede Wimbardi sebagai Kepala bagian Produksi di PDAM Tirta Mangutama Badung.

PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung adalah sebuah lembaga dibawah Pemerintah Daerah Kabupten Badung yang diberikan tugas untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Badung.

 

Penetapan Tiga Calon Direksi PDAM dan Gonjang-Ganjingnya

Berdasarkan pengumuman Nomor 052/1011/adm.Ek.2013, ada tiga nama yang dinyatakan telah lolos uji kelayakan dan kepatutan direksi PDAM Tirta Mangutama Badung. Ketiga tersebut yakni:

  • I Made Subarga Yasa SE MM, sebagai calon Direktur Utama;
  • Ida Bagus Wardana ST, sebagai calon Direktur Teknik; dan
  • Ida Bagus Gede Wimbardi ST MM, sebagai calon Direktur Umum

Ketua Tim Uji Kelayakan dan Kepatutan Direksi PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung I Gusti Ngurah Oka Darmawan, Kamis (28/2), mengatakan, setelah tim berhasil memilih tiga kandidat calon direksi, tim akan menyampaikan tiga nama itu kepada Badan Pengawas.

Selanjutnya, hasil tersebut akan dilaporkan kepada kepala daerah selaku pemilik modal sebagaimana tertuang pada pasal 22 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2007 tentang organ dan kepegawaian PDAM.

Ngurah Oka Darmawan, pada saat itu, mengatakan:

“Pengumuman ini telah sesuai jadwal. Pengumuman lengkap dengan hasil serta nilai masing-masing peserta dikirim ke bupati selaku kepala daerah.”

Sebelumnya, seleksi calon direksi PDAM Tirta Mangutama Badung diwarnai gonjang-ganjing; I Nyoman Satria, anggota DPRD Badung yang menjadi anggota tim penguji dari tim seleksi, pada saat itu, melakukan aksi mundur. Menurut Satria, ada yang tidak transfaran. Kepada awak media, (24/2) Satria mengatakan:

“Saya mewakili dewan hanya ingin meminta curriculum vitae, visi, dan misi masing-masing peserta. Tapi sampai kemarin belum dikasih.”

Mengomentari kejadian itu, Ngurah Oka Darmawan—yang sekaligus Asisten Administrasi Umum Pemkab Badung—mengungkapkan bahwa pihaknya telah bekerja sesuai aturan. Ia menegaskan:

“Yang jelas tim telah melaksanakan tugas sesuai dengan prinsip normatif, prosedural, dan taat dengan jadwal. Selanjutnya kewenangan sepenuhnya berada di tangan kepala daerah.”

(Via: Antara, Nusa Bali dan sumber lainnya).

Share yang bermanfaat
Reaksi anda
Bagus Banget!
0%
Keren!
0%
Wiih!
0%
Prihatin!
0%
Menjengkelkan!
0%
Membosankan!
0%
Lucu!
0%
Bingung!
0%
Gusti Putra
Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

Komentar via FB

Leave a Response

SINDIKASI & REPUBLIKASI: Hanya diijinkan bila (1) untuk non-profit (2) mencantumkan popbali.com sebagai sumber disertai link. Selain cara ini tidak diijinkan.