Imigrasi Bali Tingkatkan Pengawasan Orang Asing Dengan Patroli
Previous
RANDOM
Ini Klarifikasi KPU Bali Terkait Pembukaan Kotak PPS
Next
Lokal Bali

PDIP Resmi Gugat KPU Bali Ke MK dan Yakin Menang

by Gusti PutraMay 29, 2013

Menyusul hasil Pleno KPU Bali yang menetapkan pasangan Puspayoga-Sukrawan (PAS) kalah dalam pemilihan Gubernur Bali, PDIP sudah resmi melayangkan gugatan ke MK dan yakin menang.

Juru bicara PDIP Wayan Koster di Kantor DPD PDIP Bali di Denpasar, Selasa (27/5), mengatakan:

“Tim sudah berangkat ke Jakarta untuk mendaftarkan gugatan.”

Menurut Koster, gugatan didasari oleh adanya dugaan kuat kesalahan KPU dalam merekapitulasi suara di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi.

Adapun tuntutan yang diajukan adalah hitung ulang. Dan sebagai pendukung, PDIP menyertakan seluruh dokumen sebagai bukti.

Bukan hanya gugatan ke MK, melainkan juga pengaduan ke Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP). Anggota tim pemenangan PAS, Nyoman Parta, di kesempatan yang sama menambahkan:

“Kami juga laporkan oknum KPUD Provinsi Bali dan satu orang oknum Panwaslu Bali.”

Kata Parta, pengaduan itu didasari oleh dugaan adanya perilaku KPU Bali yang memihak pasangan Pastika-Sudikerta.

Sementara itu, menurut Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait di tempat terpisah, PDIP harusnya menang di Bali. Pria yang akrab dipanggil “Ara” itu mengaku punya keyakinan bahwa suara PDIP mencapai 40-50 persen. Keyakinan itu, katanya, didasari oleh formulir real yang dipunya PDIP.

Ara di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (28/5), mengatakan:

“Kita punya data, kita bermain data. Datanya formulir C1 semua TPS di Bali. Kami punya formulir C1 yang real di Bali.”

Oleh sebab itu, pihaknya yakin akan menangkan sengketa di MK. Ia menandaskan berkali-kali:

“Kita yakin menang, perhitungan kita, kita menang. Nanti kita buktikan di MK bahwa kita menang. Kita yakin kita menang, suara kita unggul.”

Pantauan POPBALI di lapangan, poster berwarna merah yang berisi ajakan untuk menolak Ketetapan Pleno KPU Bali, dalam berbagai versi seruan, kian semarak menghiasi sudut-sudut jalan, khususnya di Kota Denpasar, Tabanan dan Gianyar.

Sampai sejauh ini, belum ada tanggapan dari pihak-pihak pemangku kepentingan, meskipun masyarakat mulai bermunculan melalui media sosial. Disamping merusak pemandangan, kehadiran poster-poster itu dianggap cenderung memprovokasi dan berpotensi menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Reaksi anda?
Bagus Banget!
0%
Keren!
0%
Wiih!
0%
Prihatin!
0%
Menjengkelkan!
0%
Membosankan!
0%
Lucu!
0%
Bingung!
0%
Gusti Putra
Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

Komentar via FB

1 Comments
Leave a response
  • gusti tenaya
    June 6, 2013 at 5:10 am

    Saya setuju langkah yang diambil oleh PAS adalah suatu pelajaran buat kita untuk berdemokrasi yang jujur
    sesuai aturan main dan uu yang berlaku dan sesuai dengan landasan Tri Hita Karana ,

Leave a Response

SINDIKASI & REPUBLIKASI: Hanya diijinkan bila (1) untuk non-profit (2) mencantumkan popbali.com sebagai sumber disertai link. Selain cara ini tidak diijinkan.