Cuaca: United States Of America, Mountain View United States Of America, Mountain View +18°C

Pop Bali

Pelajaran Bahasa Bali Diwajibkan Dari SD Hingga SLTA

Pelajaran Bahasa Bali Diwajibkan Dari SD Hingga SLTA

Pelajaran Bahasa Bali Diwajibkan Dari SD Hingga SLTA
May 04
06:37 2013

Berdasarkan peraturan Gubernur, mata pelajaran Bahasa Bali wajib diajarkan dari jenjang Sekolah Dasar (SD), SLTP, hingga SLTA, di semua sekolah di wilayah Provinsi Bali.

Seperti telah diungkapkan oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika bulan lalu, ada 2 dasar pertimbangan mengapa Bahasa Bali menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dasar dan menengah. Pertama, kata Gubernur Pastika:

“Bahasa daerah, salahsatu pendukung kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan oleh generasi penerus bangsa.”

Yang kedua, ia menambahkan:

“Bahasa Bali merupakan bahasa ibu yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat setempat.”

Disamping itu, masih menurut Gubernur, adanya desakan dari para guru Bahasa Bali lewat anggota DPRD pada 1 April 2013 yang meminta agar Bahasa Bali menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dasar dan menengah.

Hari ini, Sabu (4/5/2013), Kepala Biro Humas Pemprov Bali I Ketut Teneng di Denpasar, Sabtu (4/5/2013) menegaskan bahwa Bahasa Bali kini sudah menjadi pelajaran wajib bagi seluruh siswa dari tingkat SD hingga SLTA. Menurut Ketut Teneng:

“Masuknya bidang studi bahasa daerah Bali didasari atas ketentuan kurikulum yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.”

Ia juga mengungkapkan bahwa, seluruh jenjang pendidikan di Bali mulai dari SD, SMP, SMA, SMK kini masih memberlakukan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 tahun 2006.

Ketut Teneng menambahkan:

“Jika dicermati, dalam ketentuan KTSP berdasarkan Perkendikmas Nomor 22 tahun 2006, sangat jelas bahwa mata pelajaran bahasa daerah juga tidak ada dalam struktur kurikulum KTSP. Mata pelajaran bahasa daerah masuk dalam katagori muatan lokal, yang merupakan kewenangan daerah.”

Berdasarkan hal itu dan dengan dikeluarkannya Peraturan Gubernur, maka pembelajaran bahasa Bali wajib dilaksanakan oleh seluruh sekolah SD hingga SLTA, di Bali, selama dua jam pelajaran per minggu.

Tentang Penulis

Gusti Putra

Gusti Putra

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

Artikel Terkait

Komentar Via Facebook

0 Komentar

Silahkan Berkomentar

Jadilah yang pertama berkomentar

Write a comment

Tulis Komentar

Your email address will not be published.
Required fields are marked *