Peletakan Batu Pertama Bandara Buleleng, Pastika: Masih Jauh


Peletakan Batu Pertama Bandara Buleleng

Telah beredar surat undangan sosialisasi peletakan batu pertama Bandara Internasional Bali Utara (Bandara Buleleng.) Surat tersebut diterima oleh beberapa perbekel dari Kecamatan Tejakula dan Kubutambahan. Disebutkan dalam surat, peletakan batu pertama bandara akan dilaksanakan 28 Agustus, sementara sosialisasinya pada Minggu (24/07.)

Dikonfirmasi mengenai hal ini Gubernur Bali Made Mangku Pastika bilang tidak tahu. Yang iya ketahui proses untuk memulai pembangunan Bandara di Buleleng masih jauh.

“Sampai 2-5 tahun ke depan belum tentu jadi,” Mangku Pastika memprediksi, di Gedung DPRD Bali pada Senin (18/07/.)

Menurutnya, saat ini masih berupa rekomendasi lokasi. Kemudian perlu kajian dan izin dari pemerintah pusat. Kalaupun sudah mendapat ijin pusat, masih perlu kajian Amdal. Prosesnya masih panjang.

Disamping itu, Mangku Pastika juga mengingatkan mengenai diperlukannya proses reklamasi untuk mewujudkan rencana pembangunan bandara terapung di Buleleng. Sementara masyarakat Bali saat ini antipati terhadap investor.

”Sekarang masyarakat di Bali alergi dengan investor. Setiap yang berbau investor, ditolak. Kalau ada investor ditolak, ya susah kita mau membangun. Contohnya, reklamasi Teluk Benoa, selalu dikaitkan dengan Mangku Pastika,” terang Gubernur Pastika.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Provinsi Bali, Dewa Gede Mahendra Putra, menyatakan belum menerima surat undangan untuk pemerintah Pemerintah Provinsi Bali.

“Kalau kehadiran atas nama Pemprov Bali, tidak ada. Mungkin Bupati Buleleng?” ujar Dewa Mahendra.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.

“Saya juga heran, kok sudah ada kabar peletakan batu pertama. Padahal, belum ada koordinasi sama sekali terkait rencana proyek tersebut. Paling tidak, mesti ada pemaparan FS (Feasibility Study, red.) Saya sudah tanya ke eksekutif, memang belum ada koordinasi,” terang Supriatna.

Yang dikhawatirkan, jika peletakan batu pertama itu tidak sungguh-sungguh terjadi dalam waktu dekat ini kemudian Pemkab Buleleng nanti dituding tidak mendukung atau menghambat proyek bandara. Padahal, Pemkab Buleleng sangat mendukung proyek Bandara Terapung ini agar secepatnya terwujud.

Surat undangan sosialisasi peletakan batu pertama pembangunan Bandara Buleleng itu berasal dari perusahaan yang mengatasnamakan PT Bandara Internasional Bali Utara (BIBU) Panji Sakti dan ditandatangani Presiden Direkturnya, yakni I Made Mangku. Sementara, Made Mangku dikenal sebagai Tim Konsultan dari Airport Kenesis Counsulting (AKC) Kanada, investor yang sempat diberitakan tertarik untuk menggarap Bandara di Buleleng.

Sejauh yang diketahui oleh DPRD Buleleng, AKC dari Kanada baru mengantongi ijin untuk memulai Feasibility Study. Setelah itu masih perlu ijin-ijin teknis dan amdal sebelum memulai peletakan batu pertama dan proses pembangunan selanjutnya.

Your reaction?
omg omg
0
omg
haha haha
0
haha
grrr grrr
2
grrr
hiks hiks
0
hiks
wtf wtf
1
wtf
suka suka
0
suka
hmm hmm
0
hmm
ngeri ngeri
1
ngeri
huek huek
1
huek

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudkan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya.

Peletakan Batu Pertama Bandara Buleleng, Pastika: Masih Jauh

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



OR



Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join PopBali Community
or

Back to
log in

Choose post type

List Poll Quiz