Peserta Miss World Asal Malaysia Kecewa Dipaksa Mundur

Peserta Miss World Malaysia Kecewa Dipaksa Mundur Oleh Ulama

Peserta ajang kontes kecantikan Miss World 2013 asal Malaysia mengaku kecewa setelah dipaksa mundur oleh Persekutuan Ulama Wilayah negaranya.

Tadinya, empat peserta asal Malaysia dan beragama Islam ikut serta dalam event Miss World 2013 yang malam finalnya akan diselenggarakan di Indonesia. Namun, menurut panitia penyelenggara di Malaysia, keempat finalis yang beragama Islam telah dipaksa mundur dari keikutsertaan mereka di kontes kecantikan tersebut.

“Kompetisi akan terus berlanjut seperti biasa dan kami sangat gembira menyajikan kontes kecantikan terbaik untuk finalis non-muslim kami,” ujar Anna Lim mewakili panitia penyelenggara kontes tersebut, seperti dilansir oleh Kapanlagi.com.

Wan Zahidi Wan Teh yang mewakili Persekutuan Ulama Wilayah menyatakan bahwa perempuan muslim tidak boleh berpartisipasi atau membuat kontes kecantikan seperti itu. Kontes kecantikan dinyatakan haram dan dosa oleh Ulama Malaysia.

Kekhawatiran para ulama mengenai kontes kecantikan adalah para peserta yang akan diminta untuk memakai pakaian renang, baik one piece maupun bikini.

Menurut salah seorang finalis yang dipaksa mundur, mereka hanya diminta untuk memakai pakaian olahraga atau pakaian yang sesuai untuk para peserta muslim selama kontes berlangsung.

Meski demikian, pihak ulama di sana tetap pada keputusannya dan memaksa keempat gadis tersebut untuk mematuhi fatwa yang ditetapkan melalui UU Hukum Islam (FT) 1993, dan ditegaskan dengan fatwa tertanggal 8 Februari 1998.

Tahun ini Miss World akan diadakan di Bali, Indonesia. Tidak hanya negara peserta yang mengalami polemik mengenai pakaian renang saat kontes. Indonesia sebagai tuan rumah pun masih mengalami kendala yang sama mengenai pakaian renang saat kontes. Itu sebabnya, saat sesi beach fashion di Bali, peserta akan mengenakan Sarong khas Bali sebagai pengganti bikini.

Meski tidak bisa menentang keputusan para uama tersebut, para peserta yang dipaksa mundur merasa kecewa dengan keputusan tersebut.

(Via: Kapanlagi.com. Foto Courtesy: Wafa Johanna De Korte @xlupa.com)

Komentar via FB

2 comments

    • wieda

      perlu di catat, ya….Indonesia bukan negara Islam….ada 5 agama yg di akui di negara kita ini….tolong klo komen, di telaah dulu….klo ga tau ga usa komen….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>