Reshuffle Kabinet Nanti Siang, Ini Nama Menteri Yang Dicopot dan Digeser


Reshuffle Kabinet Kerja Jokowi

Setelah beberapa minggu belakangan melakukan evaluasi secara terperinci, Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil keputusan untuk melakukan reshuffle kabinet kerjanya.

Banyak media memperkiraan reshuffle akan diumumkan siang ini, Rabu (27/07) sekitar pukul 14.00 WIB, di Istana Negara. Perkiraan ini mengacu pada instruksi presiden yang meminta agar semua menteri tidak keluar kota antara 26 hingga 29 Juli, dan sejumlah menteri yang diperkirakan akan dicopot atau digeser telah dipanggil secara khusus sejak beberapa hari belakangan ini.

Instruksi itu diperkuat oleh situasi agenda resmi Presiden yang hanya ada 2 kegiatan untuk hari ini, yakni ‘courtesy call’ dari Asosiasi Jepang-Indonesia (Japinda) pada pukul 09.00 WIB dan Sidang Kabinet Paripurna pada pukul 15.00 WIB. Pengumuman reshuffle diperkirakan pada pukul 14.00 WIB yang kemudian diikuti dengan Sidang Kabinet (hasil reshuffle) pada pukul 15.00 WIB.

Informasi yang berkembang menyebutkan, sejumlah menteri akan dicopot dan digantikan dengan orang baru, ada pula yang digeser dari satu kementerian ke kementerian lain.

Berikut ini adalah nama-nama baru yang santer dirumorkan akan masuk menjadi anggota Kabinet Kerja Jokowi:

1. Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto – Ketua Umum Partai Hanura, diperkirakan akan menduduki jabatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Kemanan (Polhukam). Sementara pejabat lama, Luhut Binsar Panjaitan digeser untuk menduduki menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Bagaimana nasib DR. Rizal Ramli? Belum ada posisi baru yang diperkirakan akan diduduki oleh Menko yang terkenal dengan jurus “Rajawali Ngepret” nya ini. Kemungkinan dia dicopot saja.

2. Sri Mulyani Indrawati – CEO World Bank ini diperkirakan akan menjadi Menteri Keuangan. Sementara pejabat lama, Bambang Brodjonegoro, diperkirakan digeser ke posisi baru yakni menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas menggantikan Sofyan Jalil.

3. Budi Karya Sumadi – Saat ini menjabat sebagai Presdir PT Angkasa Pura II. Budi akan menjadi Menteri Perhubungan. Sementara tidak ada posisi baru yang akan digantikan oleh Jonan, sehingga kemungkinan Jonan diberhentikan saja.

4. Dr Muhajir – Seorang akademisi yang pernah menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan dirumorkan akan menggantikan Mendikbud. Sementara tidak ada posisi baru untuk Anies Baswedan, sehingga diperkirakan Anies dicopt begitu saja.

5. Airlangga Hartarto – Politikus Golkar yang rencananya akan menjabat sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin. Hal ini sempat dilontarkan oleh orang internal Golkar. Husin juga tidak menduduki posisi baru, artinya dia dicopot.

6. Asman Abnur – Politisi PAN dan dirumorkan akan menjabat sebagai MenPAN RB. Yuddy Chrisnandi tidak mendapat posisi baru, sehingga kader Partai Hanura ini dicopot dari posisinya.

7. Candra Tahar – Tidak terlalu popular, namun alumni ITB ini dirumorkan akan menduduki jabatan Menteri ESDM. Sementara tidak ada jabatan baru untuk Sudirman Said, artinya ia dicopot.

8. Enggartiasto Lukito – Politisi senior dari NasDem dan diperkirakan akan menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Sementara pejabat lama, Thomas Lembong, digeser untuk menjadi kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)

 

Pagi ini, Presiden Jokowi dikabarkan masih memanggil beberapa menteri ke Istana, sehingga daftar di atas kemungkinan akan mengalami perubahan.

Di kalangan Orang Bali, beredar rumor kalau Menteri Koperasi AA Gede Puspayoga, satu-satunya menteri asal Bali, akan menduduki posisi baru sebagai Menteri Pariwisata menggantikan posisi Arif Yahya. Namun sampai hari ini belum disebut-sebut oleh media nasional.

Your reaction?
omg omg
1
omg
haha haha
0
haha
grrr grrr
0
grrr
hiks hiks
0
hiks
wtf wtf
0
wtf
suka suka
0
suka
hmm hmm
0
hmm
ngeri ngeri
0
ngeri
huek huek
0
huek

Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudkan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya.

Reshuffle Kabinet Nanti Siang, Ini Nama Menteri Yang Dicopot dan Digeser

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



OR



Note: Your password will be generated automatically and sent to your email address.

Forgot Your Password?

Enter your email address and we'll send you a link you can use to pick a new password.

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join PopBali Community
or

Back to
log in

Choose post type

List Poll Quiz