Rapat Dengar Pendapat KPU-DPRD Bali Berlangsung Panas
Previous
RANDOM
Bawaslu Siap Bersaksi Dalam Sidang Gugatan Hasil Pilgub Bali
Next
Lokal Bali

Sidang Pertama MK Untuk Pilgub Bali Dijadwalkan 10 Juni

by Gusti PutraJune 4, 2013

Sidang pertama Mahkamah Konstitusi (MK) untuk perkara Hasil Pemilihan Gubernur Bali dijadwalkan Senin depan, yakni 10 Juni 2013, dengan materi “Pemeriksaan Perkara.”

Konsultan Politik pasangan calon Mangku Pastika-Sudikerta (PASTIKERTA), I Gusti Putu Artha, Senin (4/6/2013) menginformasikan:

“Perkara PHPU Pilgub Bali yang diajukan PAS (pasangan calon Puspayoga-Sukrawan) telah teregistrasi No. 62/PHPU/2013, dengan jadwal sidang perdana Senin, 10 Juni 2013 dengan materi pemeriksaan perkara.”

Sebelumnya, Pleno KPU Provinsi Bali telah menetapkan pasangan calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Bali Mangku Pastika-Sudikerta (PASTIKERTA) sebagai pemenang Pilgub Bali dengan perolehan 1.063.734 (50,02 persen) suara. Sementara pasangan Puspayoga-Sukrawan (PAS) hanya memeperoleh 1.062.738 (49,98 persen) suara.

Kubu PAS menolak tandatangan berita acara pleno tersebut. Penolakan didasari oleh adanya dugaan kesalahan rekapitulasi suara sejak di KPU Kabupaten/Kota hingga Provinsi. Alasan lainnya karena dugaan adanya sejumlah pelanggaran dan kecurangan dalam proses Pilgub Bali.

Sebelum penetapan, kubu PAS yang diwakili oleh Arteria Dahlan dan Made Suparta sempat mengajukan keberatan dengan disertai permintaan agar KPU melakukan penghitungan ulang berbasis formulir C1. Namun KPU Bali memilih untuk melanjutkan proses penetapan, sedangkan keberatan supaya disampaikan secara tertulis di dalam berita acara pleno. Atas sikap KPU Bali itu, kubu pas mengajukan gugatan ke MK.

Gugatan oleh kubu PAS telah diajukan ke MK pada Rabu (29/5/2013). Usai pengajuan gugatan di MK, Arteria Dahlan selaku kuasa hukum PAS mengatakan bahwa kliennya menuntut pencoblosan ulang di 138 TPS yang tersebar di beberapa Kabupaten di Bali.

Reaksi anda?
Bagus Banget!
0%
Keren!
0%
Wiih!
0%
Prihatin!
0%
Menjengkelkan!
0%
Membosankan!
0%
Lucu!
0%
Bingung!
0%
Gusti Putra
Meski lama tinggal di luar, kecintaannya terhadap Bali tak pernah pupus. Perhatiannya diwujudukan dengan hal-hal sederhana. Menulis tentang Bali misalnya. Dalam banyak kesempatan mungkin begitu ngotot dalam mengadvokasi Bali, namun di kesempatan lain ia juga kerap mengkritisi dengan sentilan-sentilan halusnya. Follow Gusti Putra di:

Komentar via FB

Leave a Response

SINDIKASI & REPUBLIKASI: Hanya diijinkan bila (1) untuk non-profit (2) mencantumkan popbali.com sebagai sumber disertai link. Selain cara ini tidak diijinkan.